EKSHIBISI KETERAMPILAN PERAKITAN MESIN KUBOTA TINGKAT NASIONAL TAHUN 2018

PT Kubota Indonesia bekerjasama dengan Direktorat Pembinaan SMK menyelenggarakan kegiatan Ekshibisi Keterampilan Perakitan Mesin Kubota Tingkat Nasional Tahun 2018. Pembukaan kegiatan pada 7  Mei 2018 di Hotel Aruna, Senggigi, Lombok Barat. dihadiri oleh 84 peserta yang terdiri dari 42 Guru dan 42 Siswa peserta lomba, Direktur Pembinaan SMK beserta jajarannya dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi NTB. Dalam sambutannya Direktur PSMK Bapak Dr. Ir M. Bakrun MM mengatakan bahwa kegiatan ekshibisi perakitan ini dapat meningkatkan keahlian dari siswa SMK dan membantu guru pembimbing untuk mengembangkan kemampuan siswa.

Pada hari kedua tanggal 8 Mei 2018 diselenggarakan Seminar Bedah Mesin Diesel sebagai bekal peserta untuk mengikuti perlombaan di hari berikutnya. Dalam kegiatan ini dijelaskan oleh Direktur Pemasaran PTKI Bapak Paring Husodo bahwa SMK memiliki peluang yang besar untuk bergabung dalam bisnis pertanian dengan menjadi bengkel untuk mesin diesel Kubota yang banyak digunakan untuk alat mesin pertanian maupun penyedia sparepart mesin tersebut.

Setelah mendapatkan pembekalan, ke 42 SMK selanjutnya mengikuti kompetisi perakitan mesin diesel RD 140-DI2N set Quick Truck. Kemudian diambil 10 besar untuk mengikuti babak final,  dengan kompetisi perakitan dan troubleshooting “putaran mesin berat saat diengkol”. Dari babak final tersebut keluar juara yang berhasil menemukan solusi atas permasalahan, menyelesaikan dalam waktu tercepat, melakukan proses dengan benar dan mendapat hasil terbaik sebagai berikut :

  1. Juara I SMK PGRI 2 Ponorogo, Provinsi Jawa Timur
  2. Juara II SMK Dwija Bhakti 2 Jombang, Provinsi Jawa Timur
  3. Juara III SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan, Provinsi Sumatera Utara
  4. Juara Harapan SMK YKP Magetan, Provinsi Jawa Timur

Piagam juara diserahkan langsung oleh Direktur Pembinaan SMK, sekaligus menutup acara kegiatan secara resmi. Harapannya kegiatan ini dapat meningkatkan hubungan industri dengan dunia pendidikan di Indonesia. Serta meningkatkan pengetahuan masyarakat khususnya guru dan siswa sekolah mengenai produk-produk Kubota.